by

3 Makanan Tradisional Khas Indonesia Dan Daerah Asalnya

Garut Perdana News.Com- Indonesia memiliki makanan tradisional yang bermacam-macam. Karena Indonesia terdiri dari banyak Provinsi dan disetiap provinsi memiliki makanan khas dari daerah masing-masing. Bisa jadi setiap daerahnya memiliki puluhan bahkan ratusan makanan khas tersebut, tentu hanya beberapa saja yang bisa dikenal oleh semua orang.

Baca Juga: Tips Pola Hidup Sehat dengan Langkah Yang Sederhana

Bagi anda yang hobi Travelling jangan mau ketinggalan untuk mencicipi berbagai makanan tradisional yang ada di berbagai wilayah yang akan anda kunjungi. Dalam artikel ini akan disajikan berbagai macam makanan tradisional barangkali anda berkesempatan mengunjungi daerah tersebut.

1.Gudeg Yogyakarta

Gudeg adalah makanan khas Provinsi Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), Ayam kampung, telur, tempe, tahu dan sambal goreng.

Ada berbagai varian gudeg, antara lain:

  • Gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada santan pada masakan padang.
  • Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer.
  • Gudeg Solo, yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih.

Bagi anda yang ingin instan, maka tenang saja karena saat ini gudeg sudah disediakan dalam bentuk kemasan kaleng dan dapat Anda temui di supermarket atau mall- mall. Biasanya gudeg yang disajikan dalam bentuk kaleng yaitu gudeg kering, bahkan saat ini sudah tembus ke supermarket luar negeri

Baca Juga: bibit-padi-unggul-poktan-mukti-jaya-bogor-buktikan-produk-petani-lokal-jago-dan-handal

2.Gado-gado

Gado-gado merupakan makanan tradisional khas Betawi yang sangat populer dan mulai dikenal sejak abad ke-16. Apabila dilihat sepintas, gado-gado hampir sama seperti makanan khas Indonesia lainnya seperti pecel dari Jawa Timur atau Lotek dari Jawa Barat. Perbedaannya terletak pada racikan bumbu kacangnya, gado-gado tidak menggunakan kencur.

Rasa gado-gado yaitu gurih, manis dan pedas. Makanan ini juga mudah ditemukan di berbagai restoran, warung makan atau bahkan di pinggiran jalan alias street food dan dapat dinikmati dengan nasi atau potongan lontong.

3.Pipis Kopyor

Pipis Kopyor merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar roti tawar, kelapa muda dan santan ini, memiliki banyak versi penyajian yang disesuaikan dengan daerah masing-masing.

Ada yang membuat hidangan ini dengan tekstur padat, ada yang dibuat menggunakan kuah santan cair, ada yang hanya menggunakan roti tawar dan daging kelapa muda, ada pula yang membuatnya dengan tambahan isian seperti sagu, kismis maupun pisang.

Apapun variasinya, pipis kopyor pada dasarnya memiliki cita rasa yang manis, gurih dan menyegarkan. Kamu bisa menyantap makanan ini sebagai makanan penutup atau bahkan camilan.

(Abie/PN)

PERDANANEWS