by

Melihat Keunikan Pasar Terapung Lok Baintan, Ikonnya Kota Banjarmasin

Garut Perdana News.Com- Bagi masyarakat Nusantara yang hobi Traveling kayanya tidak akan pas kalau belum pernah berkunjung ke Pasar Terapung Lok Baintan yang terletak di Kalimantan Selatan, dan Pasar ini merupakan ikoonnya Kota Banjarmasin.

Pasar Terapung merupakan warisan budaya masyarakat Banjarmasin yang konon sudah ada sejak ratusan tahun lalu, tepatnya sejak zaman Kesultanan Banjar. Salah satu pasar terapung yang masih bertahan hingga sekarang adalah Pasar Terapung Lok Baintan yang berlokasi di desa Sungai Pinang (Lok Baintan), kecamatan Sungai Tabuk, kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Pesona Keindahan Destinasi Pantai Glayem Indramayu

Banyak hasil bumi yang dijual Lok Bainten. Selain hasil pertanian, seperti sayur-mayur, buah-buahan, juga hasil perkebunan ditawarkan di sini. Gak cuma itu, kuliner khas daerah ini pun ada, seperti soto banjar atau ketupat kandangan. Serta, buat mereka yang mau sekadar ngopi atau ngeteh ditemani berbagai makanan ringan ada klotok khusus yang menyediakannya. Gak ketinggalan di pasar terapung ini pun menyediakan barang-barang kerajinan khas daerah ini. Nah, komplet kan?

Kegiatan Pasar Terapung Lok Baintan sebenarnya berlangsung gak terlalu lama. Biasanya puncak keramaian terjadi pada sekitar jam 06.00 – 07.00 dan berakhir antara jam 09.00 – 09.30. Dan, yang paling seru tentunya pada tiap-tiap hari pasar, yakni Jumat. Pada hari ini suasana pasar terasa sekali ramainya. Pengunjung dari pelbagai wilayah pun tumpah ruah, mengisi hampir setiap jengkal area Sungai Lok Baintan, yang juga merupakan anak Sungai Martapura. Hebatnya lagi, pengunjung yang datang gak sebatas warga lokal aja lo, tapi wisatawan asing juga.

Baca Juga: Tempat-wisata-di-kalimantan-selatan

Penasaran ingin menjajal kehebohan belanja di Lok Baintan? Gampang koq, bisa lewat sungai langsung, menggunakan klotok di sekitar Sungai Martapura. Salah satu dermaga yang bisa digunakan adalah Dermaga Mesjid Sungai Gardu di Jalan Veteran. Pemberangkatan pukul: 05.00 dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Semoga tulisan ini memberikan manfaat bagi para pencinta traveling, sehingga menjadi penasaran untuk berkunjung atau sekedar melewati daerah terebut.

PERDANANEWS