by

Mengenal Kartu ATM Atau Debit GPN dan Keuntungannya

Garut Perdana News.Com- Seiring dengan berkambangnya daya minat masyarakat dalam bertransaksi menggunakan non tunai, Bank Indonesia mengeluarkan kebijakan baru dengan diterbitkannya Kartu ATM atau Debit GPN. Kebijakan ini dikeluarkan Bank Indonesia dalam rangka mempermudah masyarakat dalam melakukan transaki non tunai.

Apa itu GPN? Sudah sering mendengar kata GPN akhir-akhir ini, namun tidak tahu apa itu GPN? Atau, kamu sudah tahu jika GPN adalah alat berbentuk kartu untuk bertransaksi, namun belum mengetahui fungsi dan manfaatnya? Nah, kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang GPN beserta keuntungan yang akan didapatkan.

Baca Juga: download-aplikasi-vn-pro-mod-apk-2021-terbaru

GPN adalah singkatan dari Gerbang Pembayaran Nasional. Sebagai sistem yang berfungsi untuk mengintegrasikan transaksi antar bank, rupanya kartu ini telah dikaji selama 20 tahun. Setelah diresmikan pada Mei 2018, saat ini Bank Indonesia (BI) sedang gencar memperkenalkan kartu ini kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Kartu Debit ini sebenarnya dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi non tunai pada pembayaran di toko maupun pengambilan uang di ATM bersama. Semua bank telah diwajibkan untuk mengeluarkan kartu yang berlogo burung garuda atau lambang resmi GPN. Sehingga bisa mensukseskan tujuan pembuatan GPN itu sendiri, yaitu mengurangi transaksi dengan uang kertas atau memperluas sistem cashless, dan mengembangkan sistem perdagangan berbasis elektronik.

Baca Juga : Pesona Keindahan Destinasi Pantai Glayem Indramayu

Dengan menggunakan kartu debit berlogo GPN, kamu gak cuma bisa melakukan transaksi di seluruh Indonesia karena terkoneksi dengan mesin ATM/EDC mana pun, tetapi juga ikut mendukung upaya Bank Indonesia untuk merealisasikan infrastruktur pembayaran yang lebih efisien, andal, dan aman.

Selain itu, jika pada umumnya kartu debit yang dikeluarkan oleh bank dikenakan biaya administrasi bulanan cukup tinggi, kini Nasabah mendapat keuntungan berupa penurunan biaya administrasi bulanan kartu mulai dari Rp1.000 per bulan jika menggunakan kartu GPN.

Jadi, itu dia pengertian singkat tentang apa itu GPN beserta keuntungan yang akan diperoleh jika menggunakan kartu berlogo GPN. Meskipun sedang gencar diadakan sosialisasi kartu berlogo GPN seakan setiap nasabah wajib memilikinya, sebenarnya tidak akan ada sanksi khusus jika kamu tidak menggunakan kartu berlogo burung garuda itu.

PERDANANEWS