by

Anak Muda Milenial Ini Jadi calon Kades Sukamenak Wanaraja Untuk Majukan Desanya

Perdana News Garut.Com-Gelaran kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Garut pada bulan Juni 2021 mendatang akan digelar di 217 desa se-Kabupaten Garut. Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) saat ini sudah memasuki tahapan penerimaan pendaftaran kandidat bakal calon kepala desa.

Dalam pelaksanaan Pilkades nanti, diharapkan para panitia, kandidat calon kepala desa maupun warga masyarakat sebagai hak memberikan suara, bisa melaksanakan demokrasi yang Langsung Umum Bebas Rahasia (Luber), agar kepala desa yang terpilih, betul-betul pilihan hati nurani hak pilih dan secara mayoritas suara terbanyak. Kepala desa terpilih hasil demokrasi yang murni pilihan masyarakat.

Pada Pilkades serentak 2021 ini banyak generasi muda yang ikut berpartisipasi dalam kontestasi pemilihan kepala desa.Tak sedikit dari calon kepala desa di Kabupaten Garut adalah generasi muda berusia produktif, salah satunya adalah sosok Kundang (26) yang sudah mendaftar dan menyerahkan berkas pencalonannya ke PPKD setempat untuk ikut meramaikan menjadi calon kepala desa Sukamenak Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut di Pilkades serentak 2021.

Kundang merupakan generasi muda (milenial) yang ikut meramaikan bursa kandidat calon kepala desa,
saat ini banyak bermunculan calon Kepala Desa yang usianya di bawah 30 tahun (usia produktif). Hal ini juga sebuah fenomena yang sering disebut dengan bonus demografi, dimana generasi usia produktif akan lebih banyak dan mendominasi dibanding usia non produktif.

” Saya rasa sekarang ini kaum atau generasi muda sudah mulai sadar tentang bagaimana membangun sebuah desa. Pemuda mulai ingin terlibat dalam proses pembangunan,” ujar, Kundang saat diwawancarai Media.

Untuk diketahui, Kundang sendiri memang sudah kerap kali aktif diberbagai bidang keorganisasian di desanya. Bahkan sebelumnya ia juga tergabung dalam kelompok tani dan juga menjadi angota Kerang taruna di desanya.

Setelah daftar menjadi calon Kepala Desa Sukamenak ,Kundang sendiri ingin mengajak generasi muda untuk melakukan pembangunan ekonomi dengan melibatkan perkembangan teknologi.

“Kita tahu bahwa di desa banyak generasi muda yang memiliki potensi untuk mengembangkan ekonomi, salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital seperti memasarkan potensi pariwisata desa dan yang lainnya,” paparnya.

Kundang juga berpesan kepada generasi muda yang lainnya di Kabupaten Garut untuk tidak anti terhadap politik melainkan berani terlibat untuk bisa ikut menentukan arah kemajuan bangsa ini yang dimulai dari tingkat desa.

“Saya harap generasi muda harus lebih berani terlibat dalam proses politik, terutama dalam membangun desanya masing-masing. Jangan takut memberikan gagasan-gagasan untuk membangun bangsa ini yang dimulai dari desa,” pungkas Kundang ( Timliputan )

PERDANANEWS