by

P3A Setia bakti Desa Cimurah Karangpawitan Telah Melaksanakan Pembangunan Irigasi Sesuai Aturan

PERDANA NEWS GARUT.COM-Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) merupakan wadah bagi para petani pemakai air yang bersifat sosial, ekonomi, budaya dan berwawasan lingkungan.

Kelompok P3A Satia bakti Desa Cimurah , Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut mendapatkan kucuran anggaran sebesar Rp 195 juta untuk membangun saluran irigasi program tersebut direalisasikan untuk pemenuhan kebutuhan air petani.

Jajang kusnadi, selaku Ketua P3a Setia bakti desa Cimurah mengatakan irigasi berfungsi untuk mengairi lahan pertanian termasuk sawah. Selasa (4/5/2021)

“Saluran irigasi dibangun di Blok kembang karang di kampung Cibulu RW 08 , dilaksanakan oleh anggota kelompok yang kegiatan tersebut sesuai dengan rencana pembangunan.

“Sementara menurut Tata sudarta selaku sekertaris P3A ,Setia bakti desa Cimurah mengatakan realisasi pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat telah dilaksanakan dengan baik ,” imbuhnya

P3A sendiri adalah satu program infrastruktur berbasis masyarakat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang melibatkan Balai Besar Waduk Sungai (BBWS)

Menurut Tata , dalam program tersebut masyarakat dilibatkan melalui pembangunan irigasi kecil dengan melibatkan langsung Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).atau Mitra cai.

“Tujuannya untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan masyarakat ,” menjelaskan kepada awak media.

“Ssmbung Tata, Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat petani dalam kegiatan perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi, sesuai dengan kebutuhan dan berdasarkan prinsip kemandirian dan untuk mengembalikan kondisi dan fungsi saluran serta bangunan irigasi,” pungkasnya. ( Timlipsus)

PERDANANEWS